UNTUK
SISWA-SISWI KELAS XI. IS DAN IA
JAWAB PERTANYAAN
INI…….
. 1. Siswa
dapat menjelaskan Sejak kapan Terjalinnya
hubungan Indonesia-India melalui perdagangan ….. ….
2. Siswa dapat
menyebutkan Agama dan kebudayaan Budha
sudah masuk ke Indonesia pada abad ke-2 M dengan bukti awal adanya ….
3. Siswa dapat menyebutkan Sebutkan 3 dewa
pada utama dalam agama Hindu adalah ….
4. Siswa
dapat menjelaskan Teori masuknya budaya India yang memberikan peran aktif pada
bangsa Indonesia adalah teori ….
5. Siswa
dapat menjelaskan Fungsi Candi dalam agama Hindu di Indonesia umumnya di
pergunakan untuk ….
6. Siswa
dapat menjelaskan akulturasi di bidang
seni rupa antara India dan Indonesia tampak pada relief Candi Borobudur.
Pengaruh dari India berupa relief ….
7. Siswa dapat menyebutkan Salah satu tokoh
pendukung teori Waisya adalah ….
8. Siswa dapat menjelaskan Kebudayaan asing
yang masuk ke Indonesia haruslah senantiasa ….
9. Siswa dapat menjelaskan Prasasti-prasasti
tua di Indonesia ditulis dengan menggunakan ….
10. Siswa dapat menjelaskan Setelah mendapat pengaruh Hindia , maka
cerita wayang kini mengambil cerita dari epos Mahabarata yang menceritakan
tentang ….
11. Siswa
dapat menjelaskan Sumber utaama kerajaan Kutai adalah tujuh buah batu tulis
yang disebut dengan Yupa. Yupa merupakan warisan nenek moyang bangsa Indonesia
dari zaman ….
12. Siswa dapat menyebutkan Aswawarman mendapat julukan “ Wangsakarta “
yang berarti ….
13. Siswa dapat menjelaskan Isi prasasti
ciareterun adalah gambar ….
14. Siswa dapat menjelaskan Perjalanan
Dapuntaheang yang berhasil menaklukkan
beberapa daerah, sehingga Sriwijaya menjadi makmur termuat dalam prasasti ….
15. Siswa dapat menjelaskan Agama yang
berkembang di masyarakat Sriwijaya adalah ….
16. Siswa
dapat menjelaskan Runtuhnya Kerajaan Kahuripan ( Darmawangsa ) karena serangan
dari kerajaan ….
17. Siswa dapat menjelaskan Ramalan raja Kediri
yang terkenal dalah ….
18. Siswa dapat member penjelasan Pada saat Karta Negara mengirimkan
ekspedisi ke Malayu, kerajaan Singasari mendapat serangan dari
19. Siswa dapat menjelaskan Perpindahan pusat kekuasaan dari Jawa
Tengah ke Jawa Timur mempunyai makna peralihan dari kerajaan ….
20. Siswa dapat menjelaskan Pada abad ke – 14 kerajaan Sriwijaya
mengalami keruntuhan
akibat serangan dari ….
21. Siswa dapat menjelaskan Agama islam masuk ke Indonesia dibawa
oleh para pedagang yang berasal dari …
22. Siswa dapat menjelaskan Syeh Siti Jener/Syeh Lemah Abang tidak
termasuk dalam wali sanga sebab …
23. Siswa dapat menjelaskan Raja pertama
kerajaan perlak adalah….
24. Siswa dapat menjelaskan Berikut ini yang dahulu menerima ajaran
islam di Indonesia adalah …
25. Siswa dapat menyebutkan Salah satu karya sastra zaman islam yang
isinya masalah tasawuf dan bersifat panteistis disebut …
26. siswa menyebutkan kerajaan islam yang
pertama di Indonesia adalah kerajaan …
27. Siswa dapat menyebutkan i Wali Sanga yang bertugas menyebarkan
agama islam di Gresik adalah ….
28. Siswa
dapat menjelaskan Makam juga mendapat pengaruh dari islam. Hal ini juga tampak
pada ….
29. Siswa dapat menyebutkan Kitab-kitab yang berisi ajaran moral pada
awal perkembangan islam antara lain ….
30. Siswa dapat menyebutkan Dua putra sunan Ampel yang juga aktif
menyebarkan agama islam di Jawa adalah
….
31. iswa dapat menjelaskan Kerajaan Samudara
Pasai bertambah pesat karena ….
32. Siswa dapat menjelaskan Sultan Trenggana
gugur dalam upaya untuk ….
33. Siswa
dapat menjelaskan Kerajaan Banten mengalami kemunduran dan akhirnya runtuh
setelah ….
34. Siswa dapat menjelaskan Pada masa pemerintahan Sultan Trenggana,
Demak berhasil menguasai Banten dan
cirebon dengan tujuan ….
35. Siswa dapat menjelaskan yang merupakan
faktor-faktor penyebab berkembangnya
kerajaan
Makasar adalah ….
36. Siswa dapat menjelaskan
latar belakang perpecahan , yaitu kasunanan dan Mangkunagara.
37. Siswa dapat menjelaskan masa Pemerintahan
Sultan Agung pada tahun 1613-1630 ….
38. Siswa dapat menjelaskan penyebab kegagalan serangan Sultan Agung
Hanyakrakusuma terhadap VOC di Batavia…….
39. Siswa dapat menjelaskan perjanjian Gayanti Kasunanan Surakarta
41. Siswa
dapat menjelaskan upacara sekaten
sebenarnya merupakan upacara perpaduan antara kepercayaan asli dengan
42. Siswa dapat menyebutkan candi-candi yang terdapat di Jawa Timur adalah
….
43. Siswa
dapat menjelaskan Bangunan candi-candi di Indonesia pada umumnya merupakan
perkembangan dari masa sebelumnya, yaitu jenis bagunan yang bernama ….
44. Siswa
dapat menjelaskan Tradisi lokal yang menjadi dasar dalam interaksi dengan
tradiusi Hindu-Budha terutama dalam
pembuatan candi berasal dari zaman ….
45. Siswa dapat menjelaskan Tingkatan pada candi
Borobudur yang menggambarkan alam
setelah manusia meninggalkan segala keduniaan adalah ….
46. Siswa
dapat menyebutkan Prasasti yang terdapat di Muara Kaman berbentuk yupa. Yupa adalah ….
47. Siswa dapat menjelaskan kitab yang bnayak
menceritakan riwayat hidup KenArok dengan
kerajaan Singosari adalah
48. Siswa
dapat menyebutkan Salah satu bangunan masjid yang berfungsi sebagai tempat
muazin mengumandangkan azan adalah
49. Siswa dapat menjelaskan Bahasa yang
digunakan pada prasasti-prasati di Sriwijaya adalah ….
50. Siswa
dapat menjelaskan Patung yang berwujud manusia berkepala gajah yang sedang
duduk dengan perut gendut adalah patung ….
Tidak ada komentar:
Posting Komentar