Sabtu, 03 Desember 2011

KISI-KISI SEJARAH KELAS X. SEMESTER 1 11-12


Siswa dapat mengemukakan yang dimagsud dari pengertiannn sejarah dari bahasa Arab

Siswa dapat menerangkan definisi sejarah secara umum ....

Siswa dapat menerangkan Pengertian sejarah merupakan suatu peristiwa yang unik

Seswa dapat menggungkapkan tokoh pengertian  “Sejarah memiliki penglihatan tiga dimensi yaitu masa lampau, masa kini dan masa yang  akan datang “.

Siswa dapat menguraikan  pengertian sejarah sebagai peristiwa,

Siswa dapat mengungkap The Father Of History
       
Siswa dapat menyimpulkan      peristiwa Perang Paderi di kelas bisa digolongkan sebagai kisah

Siswa dapat menyimpulkan Sejarah merupakan kisah perkembangan yang terus-menerus  mengenai negara dan penguasa negara.  Pemikiran tersebut merupakan pendekatan yang dilakukan sejarawan dalam menulis sebuah karya sejarah


Gambar garis waktu masa lampau, kini dan yang akan datang dapat disimpulkan  menunjukan konsep garis waktu yang banyak dianut oleh masyarakat barat,
Siswa dapat menyimpulkan Ratna adalah seorang siswi SMA kelas X yang memiliki kebiasaan membuat catatan    harian tentang kejadian-kejadian penting yang dialaminya sehari-hari. Catatan harian
       yang dibuat Ratna 
Sisawa dapat menyimpulkan pernyataan-pernyataan berikut :
1.      Bersifat inklusif dengan memasukan kelompok masyarakat bawah dan masyarakat yang tidak memiliki peran dalam sejarah konvensional.
2.      Sejarah sosial, sejarah petani, dan sejarah buruh.
3.      Melihat bahwa masyarakat telah terstruktur dan terbagi dalam kelas yang saling berhadapan.
Merupakan pendekatan ....

Siswa dapat menerangkan Konsep kronologis sangat diperlukan dalam mempelajari ilmu sejarah.

Siswa dapat mengungkapkan Alasan sejarah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia  ....

Siswa dapat menyimpulkan peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 merupakan suatu pe ristiwa yang unik,

Siswa dapat menerangkan kegunaan sejarah sebagai pelajaran

Siswa dapat mengungkapkan Sejarah dapat memberikan ilham dan motivasi kepada manusia yang mempelajarinya.

Siswa dapat mengungkapkan Segala peristiwa masa lalu baik kehidupan maupun benda-benda peninggalan sebelum  mengenal tulisan

Siswa dapa membuat contoh !kronologi
           
Siswa dapat membedakan antara zaman prasejarah dengan zaman sejarah

Siswa dapat mengungkapkan Peristiwa sejarah merupakan suatu peristiwa yang abadi,

Siswa dapat menyimpulkan Belajar sejarah sangat besar manfaatnya bagi suatu bangsa,

Siswa dapat menyimpulkan Peristiwa sejarah merupakan suatu proses berkelanjutan,

Siswa dapat menjabarkan. “Jangan sesekali melupakan sejarah,” ungkapan ini sebagai pesan terhadap bangsa Indonesia

Siswa dapat mengungkapkan Cara masyarakat yang belum mengenal tulisan merekam dan mewariskan masa lalunya  

Siswa dapat membuat contoh termasuk  praktik pewarisan masyarakat yang belum mengenal
 tulisan yang masih berlangsung pada masa sekarang

Siswa dapat menjelaskan istilah peran tokoh yang dituakan dalam dalam mewariskan pengalaman masa lalu 

Siswa dapat menjelaskan bangunan yang terbuat dari batu tempat pemujaan terhadap arwah nenek moyang yang membuktikan adanya proses pewarisan tradisi sejarah dari masyarakat yang belum mengenal tulisan

Siswa dapat membuat contoh Lukisan tapak tangan di gua-gua   cara masyarakat yang belum mengenal tulisan. Mewariskan tradisi sejarah pada masanya.

Siswa dapat menunjukan bagian tradisi lisan yang berisi cerita, kisah, adat-istiadat, keagamaan, upacara ritual, dan pengetahuan pada masyarakat di daerah tertentu

Siswa dapat menjelaskan  folklore dapat dijadikan sebagai salah satu sumber sejarah

Siswa dapat mengungkapkan Cerita tradisional tentang tokoh Nyi Roro Kidul

Siswa dapat menjelaskan Cerita tradisional mengenai rakyat yang tinggal di suatu daerah menyangkut adat istiadat,  keyakinan, hubungan kekeluargaan, serta terbentuknya suatu daerah

Siswa dapat menyebutkan cerita yang termasuk legenda.

Siswa dapat menjelaskan  Historigrafi (penulisan sejarah ) yang didominasi oleh kalangan lingkungan kerajaan

Siswa dapat menjelaskan makna   tutur orang tua “Belajarlah dari sejarah”.

Siswa dapat membuat contoh peristiwa kongkrit        

Siswa dapat menjelaskan  peninggalan masa lalu yang tidak bersifat nonmaterial, ….

Siswa dapat menjelaskan hubugan social pertama kali pada masa pra-aksara

Siswa dapat menjelaskan Tujuan masyarakat mewariskan masa lalu       kepada generasi penerusnya

Siswa dapat menjelaskan asal  Pengetahuan yang dimiliki oleh masyarakat pra aksara
     
Siswa dapat menjelaskan Kepercayaan kepada Benda-benda gaib    dari   masyarakat Indonesia

Siswa dapat menjelaskan Terbentuknya danau Toba dalam tradisi lisan       masyarakat Indonesia

Siswa dapat menjelaskan  sifat sumber  Saksi sejarah, rekaman wawancara 

Siswa dapat menjelaskan Kritik intern terhadap peninggalan sejarah

Siswa dapat menjelaskan sifat Kritik ekstem terhadap peninggalan sejarah

Siswa dapat menjelaskan Terjadinya perbedaan pemahaman terhadap suatu peristiwa sejarah dari para saksi

Siswa dapat menjelaskan Dalam penelitian sejarah lisan perlu adanya sumber utama

Siswa dapat menjelaskan pengertian wawancara simultan

Siswa dapat menjelaskan  Kekurangan sejarah lisan

Siswa dapat menjelaskan arti Pertanyaan How dalam  rumus 5W 1H tentnag sebuah peristiwa sejarah

KISI-KISI UAS SEJARAH SEMESTER 1 KELAS XI-IPA


KISI-KISI SEJARAH KELAS XI-IPA 11-12 SEMESTER I
1. Siswa dapat latar belakang munculnya agama Budha di India
2. Siswa dapat menjelaskan bentuk akulturasi budaya Islam dalam sistim pemerintahan di Indonesia
3. Siswa dapat menjelaskan bentuk peninggalan agama islam sebagai bentuk telah terjadinya islamisasi
    di pulau jawa
4. Siswa dapat menyebutkan kerajaan yang bercorak islam pertama kali di Indonesia
5. Siswa dapat menjelaskan lembaga pendidikan yang palint tua di Indonesia
6. siswa dapat menyebutkan tahun islam yang didalamnya ada upacara sekaten
7. siswa dapat menjelaskan alas an kerajaan Sriwijaya sebagai Negara nasional pertama
8. siswa dapat menjelaskan magsud dari kata kudungga pada kerajaan kutai
9. Siswa dapat menjelaskan bukti peninggalan agama dan kebudayaan Budha masuk ke Indonesia pada
    abad ke 2 M yang berupa patung bergaya Armawati
10. Siswa dapat menjelaskan puncak kejayaan kerajaan Mataram kuno .
11. Siswa dapat menjelaskan pengertian Budha sebenarnya
12. Siswa dapat menjelaskan  bagsa yang memiliki agama hindu di India
13. Siswa dapat menjelaskan dampak bagi perdagangan Islam setelah  portugis menguasai  selat  Malaka
14. Siwa dapat menjelaskan Pengaruh Portugis menguasai selat Malaka bagi kerajaan Islan di
       Indonesia…..
15.Siswa dapat menyebutkan karya sastra dari Nurrudin ar-Raniri
16. Siswa dapat menyebutkan kesusastraan dari Zaman Madya/pertengahan erat hubungannya dengan
       para wali disebut
17. Siswa dapat menjelaskan kerajaan yang paling kuat agama hindu nya walaupun sudah ada
      perkembangan pengaruh  islam
18. Siswa dapat menyebutkan bangsa yang terlibat pada perjanjian saragosa
19. Siswa dapat menyebutkan peletak pemerintahan modern di Indonesia
20. Siswa dapat menyebutkan pengarang buku Mak Havellar
21. Siswa dapat menyebutkan tahun diterapkanya tanam paksa di Indonesia
22. Siswa dapat menjelaskan tujuan penindasan pamong praja pada penyelenggaraan tanam paksa
23. Siswa dapat menjelaskan tugas dari Gubernur Daenles di Pulau jawa.
24. Siswa dapat menyebutkan gubernur VOC di Batavia
25. Siswa dapat menyebutkan pimpinan pembrontakan PETA di Blitar
26. Siswa dapat menjelaskan dampak Terusan Zuwes Bagi Indonesia
27. Siswa dapat menjelaskan dampak positif dari politik pintu terbuka di Indonesia
28. Siswa dapat menjelaskan dampak dari libralisasi bagi pengusaha swasta Belanda di Indonesia
29. Siswa dapat menyebutka para pemimpin PUTERA
30. Siswa dapat menyebutkan yang memperkenalkan/pimpinan Tiga A buatan Jepang
31. Siswa dapat menjelaskan dampak politik pintu terbuka bagi Indonesia
32. Siswa dapat menjelaskan dampak secara tidak langsung pemerintahan Kolonial di Indonesia
33. Siswa dapat menyebutkan benteng portugis yang dirampas oleh VOC pada tahun 1605
34. Siswa dapat menjelaskan dampak negative/pengalaman pahit dari sistim monopoli/pelayaran honggi
       bagi rakyat Indonesia
35. Siswa dapat menyebutkan latar belakang dari Penjelajah Magelhaem
36. Siswa dapat menyebutkan pelopor dari kebangkitan Nasional Indonesia
37. Siswa dapat menjelaskan harapan dari Budi Utomo pada kebangkitan Nasional
38. Siswa dapat menjelaskan organisasi politik yang pertama di Indonesia
39. Siswa dapat menyebutkan tokoh-tokoh dari Indhihe Partij
40. Siswa dapat menyebutkan Fusi dari Partai Indonesia Raya (Parindra)
41. Siswa dapat menjelaskan Asa dari PNI
42. Siswa dapat menyebutkan pendiri dari Taman siswa di Yogyakarta
43. Siswa dapat menyebutkan penulis buku Als ik eens Nederlander
44. Siswa dapat menjelaskan latar belakang perjuangan bangsa Indonesia pada abad ke 20 melalui
       organisasi
45. Siswa dapat menjelaskan tujuan dari didirikannya Parindra
46. Siswa dapat menyebutkan tokoh ISDV yang menyusup ke tubuh SI di Semarang
47. Siswa dapat menjelaskan alas an Belanda bersikap lunak terhadap pergerakan Nasional Indonesia
48. Siswa dapat menyebutkan partai yang memperkarsai terbentuknya PPPKI
49. Siswa dapat menyebutkan hasil siding PPKI 1. 18 agustus 1945
50. Siswa dapat menybutkan tokoh golongan tua pada saat Indonesia merdeka
 

Di ambil dari literature buku paket Kelas XI-IPA

Jumat, 02 Desember 2011

KISI-KISI UAS SEJARAH KELAS XII.IPA 11-12


BAHASLAH KISI-KISI UAS SEJARAH INI KELAS XII.IPA 11-12
KALAU TIDAK JELAS SILAHKAN TANYA PAK MADE LEWAT FB
1. Siswa dapat menjelaskan Pada prinsipnya yang disebut dengan  Orde Baru adalah..
2. Siswa dapat menjelaskan Tujuan Sukarno menyerahkan Supersemar ke pada Jendral Soeharto
3. Siswa dapat menjelaskan penyebab munculnya  Orde Baru,
4.Siswa dapat menjelaskan  langkah pertama yang diperjuangkan pada Orde Baru adalah…
5. Siswa dapat menjelaskan akibat dari Munculnya Orde Baru
6. Siswa dapat menjelaskan Tuntutan dari KAMI dan KAPI  dalam Demontrasi tahun 1966 adalah….
7. Siswa dapat menyebutkan isi dari tritura   Yang menjadi Isi Tritura  adalah….
8. Siswa dapat menyebutkan  tugas kabinet Ampera
9. Siswa dapat menjelaskan Program kabinet Ampera
10. Siswa dapat menjelaskan Alasan PKI dijadikan partai terlarang pada masa Orde baru
11. Siswa dapat menjelaskan Tujuan penyelengaraan DPR-GR pada masa Orde Baru
12. Siswa dapat menjelaskan salah satu kebijakan jangka pendek kabinet Ampera dalam bidang Ekonomi..
13. Siswa dapat menjelaskan alasan Kekuatan dari pemerintahan sentralistik pada masa Orde Baru, merugikan   pemerintahan daerah,
14. Siswa dapat menjelaskan alasan Pemerintahan Orde Baru dianggap sukses dalam membangun Indonesia
15. Siswa dpat menjelaskan kekurangan Pembangunan pada masa Orde Baru
16.Siswaq dapat menjelaskan  Sistim pemerintahan yang dipakai pada masa Orde baru
17.Siswa dapat menjelaskan  Salah satu ciri-dari kebijakan dalam bidang politik pada masa pemerintahan Orde   Baru
18. Siswa dapat menjelaskan Bukti bahwa pemerintahan Orde Baru telah berhasil melaksanakan Pemilu pada tahun 1977
19. Siswa dapat menjelaskan alasan Keberhasilan pelaksanaan Orde Baru , mampu menciptakan tatanan kehidupan    bernegara yang baik
20.Siswa dapat menjelaskan sistim  ekonomi yang dianut pada masa Orde Baru adalah sistim ekonomi
      yang  berdasarkan….
21. Siswa dapat menjelaskan amanat /dasar hukum asas demokrasi ekonomi  bangsa Indonesia
22. Siswa dapat menjelaskan Partai pengikut pemilu 1977, yang merupakan fusi dari beberapa parati
       islam
 
23. Siswa dapat menjelaskan Program Pelita yang meletakkan titik berat pembanguan pertanian untuk swasembada  pangan dan meningkatkan industri yang mengelola bahan baku menjadi barang jadi
24. Siswa dapat menjelaskan Tujuan pembangunan Nasional
25. Siswa dapat menjelaskan dampak dari Adanya kesenjangan sosial dan ekonomi yang menjolok pada masa Orde Baru
26.     Siswa dapat menyebutkan beberapa penyimpangan  ekonomi pada masa Orde Baru
27. Siswa dapat menjelaskan penyalah artikan Dwipungsi  ABRI pada masa Orde Baru
28.Siswa dapat menunjukkan  Krisis kepercayaan yang terjadi pada masa pemerintah orde Baru
29. Siswa dapat menunjukkan Kebijakansanaan perekonomian  Orde Baru  yang menyimpang dari UUD 1945
30. Siswa dapat menjelaskan Salah satu kelemahan pembangunan  pada masa Orde baru….
31. Siswa dapat menjelaskan Pertumbuhan ekonomi semu yang dicapai pada masa Orde baru
32. Siswa dapat menjelaskan kelemahan  pembangunan Orde baru
33. Siswa dapat menjelaskan penyimpangan Kebijakan perekonomian Orde baru  dari UUD 45yaitu…
34. Siswa dapat menjelaskan latar belakang penyebab Krisis ekonomi yang terjadi di Indonesia pada tahun 1997
35  Sisawa dapat menyebutkan   yang menjadi unsur-unsur yang ditentang kaum reformasi
36. Siswa dapat menjelaskan kritik dari kaum reformasi terhadap Pembagunan pada masa Orde Baru 
37. Siswa dapat menjelaskan yang mengawali terjadinya krisis ekonomi pada masa orde Baru
38. Siswa dapat menjelaskan hasil perjuangan  kaum reformasi dibidang politik  
39.Siswa dapat menjelaskan tujuan  Reformasi secara total sangat diharapkan oleh bangsa Indonesia
40. Siswa dapat menjelaskan Agenda reformasi dibidang pembagian kekuasaan antara kekuasaan pusat dan daerah
       
       
41. Siswa dapat menjelaskan Salah satu penyebab krisis ekonomi yang sudah mulai terasa sejak akhir tahun 1997
42.Siswa dapat menjelaskan salah satu  Kondisi ekonomi pada masa reformasi
43. Siswa dapat menjelaskan latar belakang Krisis politik berlangsung di Indonesia tahun 1997
44. Siswa dapat menjelaskan langkah awal  dari gerakan reformasi di Indonesia…
45. Siswa dapat menjelaskan tujuan dari reformasi
46. Siswa dapat menjelaskan pengertian reformasi 
47. Siswa dapat menjelaskan tujuan   dari reformasi dibidang politik
48. Siswa dapat menjelaskan penyebab Kehidupan politik bangsa Indonesia mulai memanas setahun sebelum 1997 
49. Siswa dapat menjelaskan Hal yang pokok dari tujuan gerakan reformasi  di  Indonesia tahun 1998
50.Siswa dapat menjelaskan dasar hukum ( Pasal UUD 45 Dampak mundurnya Presiden Soeharto,maka diganti oleh wakil presiden yaitu B. J.   Habibi


KISI-KISI SEJARAH UAS KELAS XII.IPS 11-12


Bahasalah kisi-kisi ini kalau tidak jelas silahkan Tanya melalui FB
Kisi-Kisi UAS semester I Kelas XII IS
1. Siswa dapat  menjelaskan  penyebab Keadaan Jepang pada akhir kekuasaannya di    
    Indonesia semakin buruk  
2. Siswa dapat menjelaskan penyebab  utama menyerahnya Jepang tanpa syarat pada   
     sekutu pada 14 Agustus 1945
3. Siswa dapat menjelaskan  Maksud pemerintah Jepang membentuk BPUPKI adalah ……
4. Siswa dapat menjelaskan Disetujuinya penghilangan kalimat “dengan menjalankan syariat
    Islam bagi pemeluknya” dalam Piagam Jakarta menunjukkan … .
5. Siswa dapat menjelaskan Alasan kalangan pemuda menuntut agar kemerdekaan Indonesia
    terlepas dari pengaruh     Jepang adalah … .
6.Siswa dapat menyebutkan penyusun kalimat  “Hal-hal mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya” merupak an paragraph teks proklamasi .
7. Siswa dapat menyebutkan Hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 adalah…

8. Siswa dapat menjelaskan Berikut ini yang  merupakan latar belakang pembentukaTentara
    Keamanan Rakyat
   
9. Siswa dapat menjelaskan penyebab  Keadaan ekonomi pada masa awal kemerdekaan
    masih kacau  karena ……
10. Siswa dapat menjelaskan Alasan Belanda melakukan blokade ekonomi terhadap
      Indonesia adalah ……
11. Siswa dapat menjelaskan alas an Pemerintah Indonesia pada bulan Oktober 1946
12. Siswa dapat menjelaskan penyebab Hubungan pusat dengan daerah pada awal kemerdekaan tidak dapat berjalan dengan baik  … .
13. Siswa dapat menyebutkan Kabinet yang terbentuk pada masa awal kemerdekaan adalah kabinet ……
14. Siswa dapat menyebutkan idiologi  yang muncul pada masa awal kemerdekaan adalah
15. Siswa dapat menjelaskan Tugas AFNEI di Indonesia  ….
16. Siswa dapat menjelaskan Wilayah yang diakui secara de facto oleh Belanda dalam perundingan Linggarjati ……
17. Siswa dapat menjelaskan Tujuan dibentuk Pemerintahan Darurat Republik Indonesia di
     Bukit Tinggi
18.Siswa dapat menjelaskan  Isi perjanjian Konferensi Meja Bundar
19. Siswa dapat menjelaskan Peristiwa yang menjadi penyebab berakhirnya kekuasaan Kabinet Ali Sastroamijoyo I adalah ……
20. Siswa dapat menjelaskan penyebab Pendeknya masa kekuasaan kabinet pada masa demokrasi Liberal  ……
21. Siswa dapat menjelaskan Masalah yang selalu menjadi program setiap kabinet pada masa Liberal
22. Siswa dapat menjelaskan Tujuan dilaksanakan program Sistem Ekonomi Gerakan Benteng ……
23. Siswa dapat menjelaskan Kegagalan Pelaksanaan Rencana Pembangunan Lima Tahun
24. Siswa dapat menjelaskan Latar belakang dikeluarkan dekrit presiden
25. Siswa dapat menjelaskan Salah satu bentuk campur tangan presiden dalam MPRS
26. Siswa dapat menjelaskan Keterlibatan Indonesia dengan melakukan konfrontasi dengan Malysia ditandai dengan dikeluarkannya ……
27. Siswa dapat menjelaskan Latar belakang dikeluarkan Deklarasi Ekonomi (Dekon) adalah ……
28. Siswa dapat menjelaskan penyebab Kegagalan pemerintah masa demokrasi terpimpin dalam mengatasi masalah ekonomi
29. Siswa dapat menjelaskan Upaya Indonesia dalam melakukan konfrontasi ekonomi dengan Belanda guna pembebasan Irian Barat adalah …….
30. Siswa dapat menjelaskan Tahap melakukan serangan secara terbuka terhadap pertahanan musuh dalam upaya pembebasan Irian Barat disebut …….
31. Siswa dapat menjelaskan Pada hakikatnya Orde Baru lahir untuk ……
32. Siswa dapat menjelaskan Kesatuan aksi Front Pancasila mendesak pemerintah memenuhi tuntutan rakyat yaitu ……
33. Siswa dapat menjelaskan program  kerja Kabinet Pembangunan pada masa Orde Baru
34. Siswa dapat menjelaskan Penataan hubungan luar negeri yang dilakukan pemerintah Orde Baru,
35. Siswa dapat menjelaskan  isi Trilogi Pembangunan
36. Siswa dapat menjelaskan maksud Pemerintah Orde Baru memprogramkan Stabilisasi ekonomi
37. Siswa dapat menjelaskan Dampak positif dari kebijakan ekonomi pemerintah Orde Baru
38. Siswa dapat menjelaskan penyebab Ketidakseimbangan antara produksi pangan dengan pertambahan penduduk
39. Siswa dapat menjelaskan tujuan Pemerintah melakukan upaya diversifikasi pertanian dalam pelaksanaan revolusi hijau
40. Siswa dapat menjelaskan dampak positif dari perkembangan industrialisasi adalah ….
41. Siswa dapat menjelaskan Salah satu penyebab krisis ekonomi di Indonesia yang sudah mulai terasa sejak tahun 1997 
42. Siswa dapat menjelaskan dampak negative/kelemahan Penggunaan sistem sentralisasi dalam pemerintahan
43. Siswa dapat menjelaskan  Salah satu penyebab terjadinya krisis politik di Indonesia
44. Siswa dapat menyebutkan tanggal Presiden Suharto menyatakan mengundurkan diri sebagai presiden

45. Siswa dapat menjelaskan penyebab Pengangkatan Habibie sebagai Presiden RI
      inkonstitusional
46. Siswa dapat menjelaskan Tujuan pokok dari Gerakan Reformasi di Indonesia pada tahun 1998
47. Siswa dapat menjelaskan Kebijakan yang dilakukan oleh Presiden Megawati adalah ……
48. Alasan MPR mengadakan Sidang Istimewa 23 Juli 2001 pada masa Presiden Abdurrahman
      Wahid karena ..
49. Siswa dapat menjelaskan Dampak positif dari adanya otonomi daerah yaitu ……
50. Siswa dapat menjelaskan Dampak negatif dari perjalanan reformasi yang berlangsung dari tahun 1998 sampai 2004
Bahasalah kisi-kisi ini kalau tidak jelas silahkan Tanya melalui FB

Kamis, 01 Desember 2011

KISI-KISI UAS SEJARAH XI. IS DAN IA


UNTUK SISWA-SISWI KELAS XI. IS DAN IA
JAWAB PERTANYAAN INI…….

. 1.   Siswa dapat  menjelaskan Sejak kapan Terjalinnya hubungan Indonesia-India melalui perdagangan  ….. ….

2.     Siswa dapat menyebutkan  Agama dan kebudayaan Budha sudah masuk ke Indonesia pada abad ke-2 M dengan bukti awal adanya ….

3.      Siswa dapat menyebutkan Sebutkan 3 dewa pada  utama dalam agama Hindu adalah ….

4.      Siswa dapat menjelaskan Teori masuknya budaya India yang memberikan peran aktif pada bangsa Indonesia adalah teori  ….
        
5.      Siswa dapat menjelaskan Fungsi Candi dalam agama Hindu di Indonesia umumnya di pergunakan untuk ….
6.      Siswa dapat menjelaskan  akulturasi di bidang seni rupa antara India dan Indonesia tampak pada relief Candi Borobudur. Pengaruh dari India berupa relief ….        
7.      Siswa dapat menyebutkan Salah satu tokoh pendukung teori Waisya adalah ….
8.      Siswa dapat menjelaskan Kebudayaan asing yang masuk ke Indonesia haruslah senantiasa ….
9.      Siswa dapat menjelaskan Prasasti-prasasti tua di Indonesia ditulis dengan menggunakan ….
10.    Siswa dapat menjelaskan Setelah mendapat pengaruh Hindia , maka cerita wayang kini mengambil cerita dari epos Mahabarata yang menceritakan tentang ….
11.    Siswa dapat menjelaskan Sumber utaama kerajaan Kutai adalah tujuh buah batu tulis yang disebut dengan Yupa. Yupa merupakan warisan nenek moyang bangsa Indonesia dari zaman ….
12.    Siswa dapat menyebutkan  Aswawarman mendapat julukan “ Wangsakarta “ yang berarti ….
13.    Siswa dapat menjelaskan Isi prasasti ciareterun adalah gambar  ….
14.    Siswa dapat menjelaskan Perjalanan Dapuntaheang  yang berhasil menaklukkan beberapa daerah, sehingga Sriwijaya menjadi makmur termuat dalam prasasti ….
15.    Siswa dapat menjelaskan Agama yang berkembang di masyarakat Sriwijaya adalah ….
16.    Siswa dapat menjelaskan Runtuhnya Kerajaan Kahuripan ( Darmawangsa ) karena serangan dari kerajaan ….

17.    Siswa dapat menjelaskan Ramalan raja Kediri yang terkenal dalah ….
18.    Siswa dapat member penjelasan Pada saat Karta Negara mengirimkan ekspedisi ke Malayu, kerajaan Singasari mendapat serangan dari
19.    Siswa dapat menjelaskan Perpindahan pusat kekuasaan dari Jawa Tengah ke Jawa Timur mempunyai makna peralihan dari kerajaan ….
20.    Siswa dapat menjelaskan  Pada abad ke – 14 kerajaan Sriwijaya mengalami keruntuhan
         akibat serangan dari ….
21.    Siswa dapat menjelaskan Agama islam masuk ke Indonesia dibawa oleh para pedagang yang berasal dari …
22.    Siswa dapat menjelaskan Syeh Siti Jener/Syeh Lemah Abang tidak termasuk dalam wali sanga sebab …
23.    Siswa dapat menjelaskan Raja pertama kerajaan perlak adalah….
24. Siswa dapat menjelaskan Berikut ini yang dahulu menerima ajaran islam di Indonesia adalah …
25. Siswa dapat menyebutkan Salah satu karya sastra zaman islam yang isinya masalah tasawuf dan bersifat panteistis disebut …
26.    siswa menyebutkan kerajaan islam yang pertama di Indonesia adalah kerajaan …
27.    Siswa dapat menyebutkan i Wali Sanga yang bertugas menyebarkan agama islam di Gresik adalah ….
28.    Siswa dapat menjelaskan Makam juga mendapat pengaruh dari islam. Hal ini juga tampak pada ….
29.    Siswa dapat menyebutkan Kitab-kitab yang berisi ajaran moral pada awal perkembangan islam antara lain ….
30.    Siswa dapat menyebutkan Dua putra sunan Ampel yang juga aktif menyebarkan agama islam di Jawa adalah  ….
31.    iswa dapat menjelaskan Kerajaan Samudara Pasai bertambah pesat karena ….
32.    Siswa dapat menjelaskan Sultan Trenggana gugur dalam upaya untuk ….
33.    Siswa dapat menjelaskan Kerajaan Banten mengalami kemunduran dan akhirnya runtuh setelah ….
34.    Siswa dapat menjelaskan Pada masa pemerintahan Sultan Trenggana, Demak berhasil menguasai Banten dan  cirebon dengan tujuan ….
35.      Siswa dapat menjelaskan yang merupakan faktor-faktor penyebab berkembangnya
        kerajaan Makasar adalah ….                                             
36.   Siswa dapat menjelaskan  latar belakang perpecahan , yaitu kasunanan dan Mangkunagara.  
37.    Siswa dapat menjelaskan masa Pemerintahan Sultan Agung pada tahun 1613-1630  ….
38.    Siswa dapat menjelaskan penyebab kegagalan serangan Sultan Agung Hanyakrakusuma terhadap VOC di Batavia…….
39.    Siswa dapat menjelaskan  perjanjian Gayanti Kasunanan Surakarta
41.    Siswa dapat menjelaskan  upacara sekaten sebenarnya merupakan upacara perpaduan antara kepercayaan asli dengan
42.    Siswa dapat menyebutkan  candi-candi yang terdapat di Jawa Timur adalah ….
43.    Siswa dapat menjelaskan Bangunan candi-candi di Indonesia pada umumnya merupakan perkembangan dari masa sebelumnya, yaitu jenis bagunan yang bernama ….
44.    Siswa dapat menjelaskan Tradisi lokal yang menjadi dasar dalam interaksi dengan tradiusi Hindu-Budha  terutama dalam pembuatan candi berasal dari zaman ….
45.   Siswa dapat menjelaskan Tingkatan pada candi Borobudur yang menggambarkan alam     
        setelah manusia meninggalkan segala     keduniaan adalah ….
46. Siswa dapat menyebutkan Prasasti yang terdapat di Muara Kaman berbentuk yupa. Yupa  adalah ….
47.    Siswa dapat menjelaskan kitab yang bnayak menceritakan riwayat hidup KenArok dengan
          kerajaan Singosari adalah
48.    Siswa dapat menyebutkan Salah satu bangunan masjid yang berfungsi sebagai tempat muazin mengumandangkan azan adalah
49.    Siswa dapat menjelaskan Bahasa yang digunakan pada prasasti-prasati di Sriwijaya adalah ….
50.   Siswa dapat menjelaskan Patung yang berwujud manusia berkepala gajah yang sedang duduk dengan perut gendut adalah patung ….